Kamis, 27 Oktober 2016

Cyber Bullying

Cyber Bullying


Cyber Crime merupakan kejahatan dunia maya yang sering terjadi di dunia. Di era globalisasi ini, kejahatan tidak hanya dilakukan di dunia nyata tapi bisa juga dilakukan di dunia maya dengan menggunakan teknologi yang canggih.

Cyber Crime dapat bermacam-macam misalnya, penipuan, penipuan kartu kredit, penipuan identitas, cyber bullying dan lain lain.
Pada kalangan remaja zaman sekarang, hal yang paling marak terjadi adalah cyber bullying yang mana pihak tertentu mem-bully pihak lain di social media, baik dalam bentuk sindiran, cemoohan, maupun menjelek-jelekan orang yang bersangkutan secara frontal di social media. Tidak jarang juga pelaku cyber bullying melakukannya secara anonim atau tidak memberi identitas dirinya agar tidak diketahui oleh korban bully.

Hal yang sangat dikhawatirkan dalam cyber bullying ini, jika korban sudah merasa terpojok, merasa putus asa, bahkan merasa tidak diinginkan, hal ini bisa saja merujuk ke arah bunuh diri atau suicide, dan ini akan menjadi masalah yang sangat serius.

Misalnya saja, aku pernah menonton sebuah film yang membahas tentang cyber crime terutama tentang cyber bullying. Dalam film ini diceritakan tentang seorang anak perempuan dari sebuah SMA di Amerika, dan anak itu dipandang sangat menyebalkan dan aneh oleh teman teman nya karena ia memiliki kebiasaan dan hobi yang sangat jarang sekali dilakukan oleh remaja perempuan pada umumnya. Anak ini sangat dibenci oleh satu angkatan di sekolah nya, sampai sampai ada salah satu siswa yang membuat sebuah website yang khusus diperuntukkan untuk membully, mencari cari kesalahan dan membicarakan anak perempuan tersebut. Semua siswa yang mengakses web tersebut memakai nama samaran. Banyak sekali siswa dari SMA tersebut yang memberi komentar komentar buruk, cemoohan, sindiran secara frontal untuk anak perempuan itu bahkan mereka nge share seluruh aib anak perempuan tersebut.

Kemudian, dikarenakan anak perempuan itu sudah merasa terkucilkan, merasa terpojok dan tidak memiliki teman, ia sampai sampai kabur dari rumah dan berencana bunuh diri karena sudah merasa tidak diinginkan dan putus asa. Hingga akhirnya, hal ini pun dilaporkan kepada pihak FBI, kemudian mereka mengawasi segala jenis aktifitas dalam website yang dikhususkan untuk mem-bully anak perempuan tersebut dan hingga akhirnya mereka menangkap pelaku pelaku yang ikut mem-bully serta pembuat atau pencetus website tersebut.

Dari film tersebut, aku mengambil kesimpulan bahwa memang cyber bullying itu sama berbahaya nya dengan bullying di dunia nyata. Menurut aku, bullying yang lebih menyerang langsung secara mental itu lebih menyakitkan dibandingkan bullying secara fisik. Karena, menurut banyak artikel yang aku baca tentang psikologi juga dibahas jika mental sudah terserang maka fisik pun secara otomatis akan ikut terserang, contoh nya saja dari cyber bullying ini dapat menyebabkan stress berat bahkan depresi yang bisa menyebabkan rasa sakit di bagian dada, rasa tidak tenang (anxiety), sleeping problem, perilaku yang tidak wajar, sang korban dapat dengan mudah terserang penyakit, dan yang lebih parah nya lagi adalah commit suicide atau bunuh diri.

So, kalo kalian ada masalah sama temen kalian di sekolah, it’s better kalo kalian omongin baik baik sama mereka, omongin apa yang bikin kalian ga nyaman sama mereka, daripada nge bully ga jelas di social media, saling sindir di social media yang bahkan bisa dibaca oleh public kan ga enak diliat nya juga, malu udah pada gede, bisa dibilang udah pada dewasa lah ya udah bisa bedain mana yang baik dan yang buruk, terus daripada nyebarin rumor ga jelas yang belum tentu bener orang yang bersangkutan melakukan hal tersebut kan kasian sama korban nya, gimana kalo orang yang bersangkutan sebenernya ga salah apa apa tapi di sebarin rumor yang engga engga tentang dirinya dan parahnya udah terlanjur nyebar sama satu angkatan kan kasian dia bisa merasa terkucilkan, bayangin kalo kondisi nya berbalik, bayangin kalo kalian ada di posisi si korban bully, ga enak kan di gituin? Nah, semakin kalian nge bully dia, itu ga akan ngubah dia to be someone better tapi malah bisa ngubah dia jadi lebih buruk dari sikap dia sekarang, karena jangan salah loh kalo seseorang udah terserang secara mental terus stress atau depresi hal itu bisa ngubah kelakuan mereka. 

Terus, secara sosiologi juga, hal hal yang kesan nya sepele kaya nge bully dan lain lain tapi sebenernya itu bisa jadi salah satu faktor external kenapa seseorang bisa jadi agresif, jadi emang udah terbukti juga secara sosiologis kalo kalian ada masalah sama seseorang terus malah tambah nge bully yang bersangkutan, it won’t make them into someone better. Mungkin bagi kalian atau bagi kelompok kelompok tertentu, kalian ngerasa nge bully itu asik, menyenangkan dan lain lain, but seriously, iyasih kalian seneng, kalian having fun dengan nge bully kaya gitu tapi it’s not fun at all buat si korban. Kesan nya aku terlalu banyak teori, secara psikologis lah, sosiologis lah, tapi ini beneran loh serius, sekalian berbagi ilmu dan sekalian buat ngasih tau temen temen yang baca blog ini barang kali masih ada yang suka nge bully terutama cyber bullying supaya kalian tau efek dari cyber bullying itu apa, biar kalian tau juga separah apa sih kalo kalian jadi korban cyber bullying, terus juga kalo sang korban ga terima digituin, ini bisa dibawa ke ranah hukum loh, kalian bisa dituntut kalo kalian ngelakuin bullying baik cyber bullying atau di dunia nyata.
Nah oleh karena itu mendingan kalo ada masalah langsung omongin aja sama yang bersangkutan, siapa tau dia juga kalo diomongin secara baik baik mau berubah menjadi lebih baik, ya ga? We’ll never know until we try :D.
Sekian bahasan dari aku tentang cyber bullying, semoga bermanfaat and STOP BULLYING :D

Cheers :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar